Benarkah Grand Shaikh Al-Azhar Merestui ‘Kudeta Militer’?

Oleh: Ust. Muhammad Syafi’i LC,
Alumnus Universitas Al-Azhar-Kairo

Beberapa waktu lalu, saya sempat membaca sebuah tulisan lepas di situs fimadani.com.  Tulisan bertajuk “Syaikh Al-Azhar dan Kudeta Mesir” itu mencoba menganalisa pilihan Syaikh Ahmad Thayyib selaku Grand Shaikh Azhar dalam persoalan politik di Mesir. Ada beberapa tanggapan yang ingin saya utarakan, agar kita tidak sembarangan dalam menghukum pilihan tersebut, apalagi sampai menghukum dan menghina personal beliau yang merupakan Imam bagi sebuah lembaga besar umat Islam di Dunia, Al-Azhar Asy-Syarif.

Pertama, jika kita mengamati judul tulisan tersebut “Syaikh Al-Azhar dan Kudeta Mesir”, sepertinya ada yang rancu lantaran yang dibahas oleh penulis adalah kudeta militer bukan kudeta Mesir. Jadi sangat kurang tepat apabila judul tulisan tersebut memakai judul “Syaikh Al-Azhar dan Kudeta Mesir”.

Kedua, di dalam tulisan tersebut disebutkan “Sikap yang diambil oleh Syaikh Al Azhar DR. Ahmad Ath Thayib, yang sejalan dengan rencana kaum sekuler Mesir, dan antek-antek mantan presiden terguling Husni Mubarak, untuk mengudeta presiden yang sah DR. Muhammad Mursi…..”

Penulis membuka dengan prolog yang tendensius, seolah-olah Syaikh Ahmad Thayyib berkomplot dengan rencana ‘Kaum Sekuler Mesir dan Antek Mantan Presiden Mesir Husni Mubarak’. Padahal, yang harus diketahui bahwa sikap tersebut diambil oleh Syaikh Ahmad Thayyib pada tanggal 3 Juli saat militer menginisiasi rekonsiliasi Nasional dengan mengundang beberapa tokoh penting negara di mana salah satunya adalah Grand Shaikh Azhar. Rekonsiliasi ini mestinya dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya oleh Presiden Mursi untuk mengatasi konflik yang sudah mengarah kepada bentrok fisik. Rekonsiliasi ini sendiri awalnya merupakan ultimatum militer untuk Pemerintah pada tanggal 1 Juni agar pemerintah segera menyelesaikan dan mencari solusi atas konflik tersebut.

Nah, di sini kita harus menyamakan persepsi tentang apakah yang dimaksud dengan kudeta militer? Apakah kudeta militer itu terjadi saat presiden dinon-aktifkan oleh militer atau saat kekuasaan presiden diambil alih dengan campur tangan militer? Atau sama sekali tidak terjadi Kudeta Militer melainkan yang terjadi adalah hasil pertemuan antara pihak-pihak yang menginginkan Mesir segera keluar dari konflik? Hal ini saja masih jadi perdebatan yang patut dibaca dengan jeli.

Kalau kudeta militer itu adalah apa yang terjadi pada tanggal 1 Juli di mana saat itu militer mengultimatum Presiden agar segera menyelesaikan konflik, maka Sikap Syaikh Azhar pada tanggal 3 Juli tidak bisa mutlak dianggap sebagai bagian dari plot kudeta militer. Kenapa? Karena kudeta militer sendiri sudah terjadi. Sedangkan Syaikh Azhar sendiri hanya datang memenuhi undangan untuk mencari solusi atas konflik.

Kalau kudeta militer itu adalah yang terjadi pada tanggal 3 Juli, maka tetap saja kedatangan Syaikh Azhar pada proses rekonsiliasi nasional tersebut tidak sama sekali menunjukkan bahwa Syaikh Azhar adalah bagian dari mereka yang diklaim “sekuler dan berencana menurunkan Presiden Mursi”. Mengapa ? Karena Syaikh Azhar dalam pernyataan beliau lebih memilih untuk “segera dilaksanakan pemilu ulang secepatnya” dengan tujuan menghentikan mudharat yang lebih besar yakni benih perang saudara antara dua kubu yang sudah panas waktu itu.

Jadi, tidak benar bahwa Syaikh Azhar menjadi bagian dari mereka yang ingin mengudeta Presiden Morsi. Kedatangan beliau adalah untuk memberikan solusi efektif secepat mungkin saat itu dan untuk mengantisipasi kemudharatan yang lebih besar yakni bentrok fisik dan pertumpahan darah antara sesama warga Mesir.

Ketiga, penulis menyinggung salah satu latar belakang beliau yakni “…Berlatar Belakang Sufi…”. Ini hal yang lucu ketika dikait-kaitkan dengan sikap Beliau. Entah apa alasan penulis memasukkan hal ini menjadi bagian “analisa yang mungkin diutarakan ke publik mengenai sebab mengapa Syaikh Al Azhar mendukung rencana kudeta militer terhadap presiden Mursi…”. Sub tema tersebut oleh penulis lalu dielaborasikan ke dalam rangkaian tulisan yang tidak ada hubungannya dengan sub tema. Dari 4 paragraf yang merupakan pengembangan sub tema tersebut, hanya paragraf pertama yang sinkron dengan judul sub tema. 3 paragraf lainnya justru mencoba menjelaskan latar belakang Syaikh Ahmad Thayyib, dan sayangnya itu pun banyak memiliki kesalahan (lucu karena penulis kuliah di Al-Azhar tapi tidak tahu biografi Syaikhnya).

Perhatikan tulisan penulis berikut : “…setelah mendalami bahasa Perancis-nya di kantor Peradaban Perancis di Kairo. Beliau melanjutkan pendidikan S-3 nya ke Paris, di Sorbonne Universiti Perancis Tidak tertutup kemungkinan faktor lingkungan Barat, dan pindidikan beliau selama di Perancis, sedikit banyak memberi pengaruh di dalam diri beliau akan tidak perlu dikait-kaitkannya politik dengan Islam, yang identik dengan cinta dan kedamaian. Dan presiden Mursi di sokong oleh partai-partai Islam…”. Yang benar, Syaikh Ahmad Thayyib itu lulus S-3 nya dari Universitas Al-Azhar jurusan akidah filsafat. Adapun perjalanan Ilmiah beliau ke Sorbonne, itu murni bagian dari pendidikan dan riset ilmiah –yang juga merupakan tradisi Al-Azhar dari dulunya mengirim beberapa kadernya kesana untuk meneliti serta mendakwahkan Islam- sehingga tuduhan bahwa beliau kemudian berpikiran  “tidak perlu dikait-kaitkannya politik dengan Islam.”  Itu sudah mentah dengan sendirinya. Yang lebih berbahaya, sadar atau tidak, penulis sedang menjebak para pembaca untuk menuduh dan menghukumi Syaikh Ahmad Thayyib itu seorang yang sekuler (paham yang memisahkan negara dan politik dari Islam), Na’udzbillah min hadzal qaul.

Keempat, penulis mengungkap keterkaitan Syaikh Ahmad Thayyib dengan Partai Hizbul Wathan “Selain jabatan itu, beliau juga merupakan anggota partai Hizbul Wathani, yang diketuai oleh mantan presiden Husni Mubarak. Bidang yang diamanahkan pada beliau oleh partai itu adalah sebagai anggota Bidang Amanat Perpolitikan partai…”.
Untuk menjawab hal ini, perlu diketahui bahwa pada zaman rezim Husni Mubarak, di mana waktu itu Grand Shaikh Azhar –Alm. Syaikh Thanthawi- meminta langsung kepada Presiden agar Rektor Universitas Al-Azhar dijadikan bagian dari Maktab As-Siyasi partai penguasa (Hizbul Wathan) dengan tujuan agar Universitas Al-Azhar dapat berperan lebih aktif dalam membangun negeri. Dalam sistem Hizbul Wathan sendiri ada yang namanya Maktab As-Siyasi dan Lajnah As-Siyasiyah. Lajnah As-Siyasiyah ini yang lebih kita kenal sebagai dewan pengurus harian partai di mana mereka bertanggung jawab langsung untuk mengurus sistem perpolitikan mereka. Adapun Maktab As-Siyasi adalah orang-orang yang dianggap berperan penting di Negara Mesir serta memiliki aktifitas untuk memajukan Mesir (bukan memajukan Partai).

Permintaan ini sendiri ditolak pada zaman rektor Prof. Dr. Abdul Fattah Syaikh. Walau begitu, Al-Azhar selalu mengusahakan hal tersebut di mana pada akhir masa kepemimpinan rektor Prof. Dr. Ahmad Umar Hasyim, permintaan itu akhirnya dikabulkan. Adapun implementasinya adalah pada masa kepemimpinan Rektor Prof. Dr. Ahmad Thayyib. Jadi, sebenarnya kedekatan Syaikh Ahmad Thayyib dengan partai Hizbul Wathan bukan lantaran personal beliau yang orang politik, namun karena jabatan beliau sebagai Rektor Universitas Al-Azhar.

Yang lebih tragis, penulis juga mengatakan “…Karir tertinggi beliau sebagai Syaikh Al Azhar, diperoleh setelah meninggal Syaikh Al Azhar Muhammad Sayyid Thanthawi. Dan posisi yang sejajar dengan Perdana Menteri ini, diserahkan langsung oleh mantan presiden Husni Mubarak pada tanggal 19 maret 2010…” seolah-oleh melegitimasi tuduhan penulis bahwa Syaikh Ahmad Thayyib itu adalah orang yang benar-benar ‘Antek Husni Mubarak’. Padahal, faktanya adalah para Ulama Azhar memilih beberapa kandidat untuk diangkat menjadi Grand Shaikh Al-Azhar di mana beliau menjadi salah satu kandidat selain Prof. Dr. Ahmad Umar Hasyim dan Prof. Dr. Ali Jum’ah. Pada akhirnya beliaulah yang terpilih.

Jadi tidak benar berbagai analisa yang berkembang bahwa Grand Shaikh Azhar, Ahmad Thayyib telah berkomplot dengan Militer untuk mengudeta Presiden Mursi (itupun kalau kita sepakat bahwa yang terjadi memang kudeta militer). Yang benar adalah sebagaimana yang beliau utarakan bahwa beliau memilih pendapat tersebut berdasarkan logika Ulama beliau untuk mengambil hal yang paling ringan dari dua mudharat (Akhaf Adh-Dharain). Bukanlah hal yang bijak untuk menghukumi beliau dengan hal-hal yang negatif seperti Ulama Sulthan, pengkhianat dan macam-macam perkataan keji lainnya. Apalagi status beliau masih muslim dan beliau sudah mengakui sebab kenapa beliau memilih pilihan tersebut. Maka, berbaik sangka pada seorang muslim adalah kewajiban kita bersama, dan berkata yang baik adalah Akhlak yang tidak boleh kita tinggalkan.

Dan jangan pula sampai muncul kalimat bahwa beliau meridoi tumpah darah yang terjadi, karena kalau kita mau jujur dan adil, beliau sendiri sangat membenci tumpah darah, penghinaan terhadap kemuliaan rumah ibadah serta pertengkaran antara sesama muslim. Beliau sudah berbuat sesuai ilmu dan kapabelitas, hanya saja beberapa dari kita begitu mudah terpengaruh media sehingga berburuk sangka pada beliau. Syaikh Ahmad Thayyib pastinya tidak sembrono dan gerasak-gerusuk dalam mengambil keputusan. Beliau paham betul mana langkah politik dan mana langkah non politik meski keduanya disampaikan secara diplomatik.

Terlepas dari apa yang terjadi saat ini, mari kita sama-sama memperbanyak doa, terutama di bulan yang agung ini. Semoga Allah mengabulkan doa kita, demi kebaikan Mesir dan Islam. Mari membuka mata dan nurani. Merapat dan memilih ulama yang Rabbani agar selamat di kemudian hari. Masyarakat yang cerdas bukanlah mereka yang takut berbeda tapi mereka yang menyikapi perbedaan dengan ‘bijaksini’ dan bijaksana. Tanpa melontarkan kata-kata yang nista. Tetap menghormati semua guru sebagai orang tua. Agar mendapat ilmu dan berkah yang selama ini dicita. Amin.

Sumber: mosleminfo

Share

posted under |

12 comments:

johanes gultom mengatakan...

mantep kang
Anekahosting.com web hosting murah terbaik di indonesia

bola368.com agen judi bola terpercaya promo 10% all games sportbook

bola368.com agen judi bola terpercaya promo 10% all games sportbook

Pembesar Penis | Obat Kuat | Alat Bantu Sex | Kosmetik

Seokencana.com Jasa SEO Murah | Konsultan SEO Indonesia

Portal Goodispost

Bajumurmer.com Toko Baju Online Jual Baju Grosir Murah Reseller Dress Gamis

habib sr mengatakan...

https://drive.google.com/file/d/0B9EKL-RYKW9MdTNzQ3VCRVhmNzQ/edit?usp=sharing

djoelham sjahpoetra mengatakan...

Sukron...


Ispmedan.blogspot.com
ispmedan.wordpress.com

Dewi Aja mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

audi rizqy mengatakan...

Salam. Izin promosi ya gan. Terima kasih
OKEYPROFITS meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Daftar

Disini


Atau Copy Paste URL ini
http://okeyprofits.com/register.php?ref=wijayaprofit

Referensi
APLIKASI

Gabung jadi referral saya. Bonus 20% dari dollar yang anda beli dari saya.
UPLINE
0812 6996 2117

suara pojokbukudotcom mengatakan...

Hati-hati dengan orang ini (Zulkhaery Basrul). Sudah banyak orang ditipu.
Silahkan cek http://suarapojokbuku.blogspot.com .
Semua testimoni bisa dicek.

“Saya juga termasuk korban saudara yang terhormat Zulkhaery. ”

Untuk diketahui, saya posisi di Pekanbaru, dia di Jakarta. Beberapa pekerjaan yang saya berikan tidak rampung dikerjakan, akhirnya saya yang diuber-uber konsumen di Pekanbaru.

Kalau dia di Pekanbaru, sudah pasti saya Polisi-kan. Karena dia di Jakarta makanya males saya ngurusin. Tapi sakit hati ini bener2 kesumat. Demi Allah, serupiah pun saya tidak memakan hak dia, bahkan beberapa kesempatan hak dia saya dahulukan karena dia yang mengerjakan website.

Kenyataannya, setelah uang ditransfer, bahkan konsumen sampai bayar beberapa kali, berbulan-bulan website tidak bisa dikerjakan dan mulai susah dihubungi. Setelah menunggu sekian bulan (kurang lebih 6 bulan), baru dia ngabari kalau uang konsumen pulangkan saja. Sedangkan jatah dia dan jatah saya sudah dibagi habis, tentu uang yang sudah berbulan-bulan itu telah habis pula, dengan seenaknya dia membatalkan sepihak dengan pembuat website.

Terakhir karena jauh, saya sampai bersumpah kepada dia tentang akibat dari perbuatan dia (Zulkhaery Basrul), tentu dia saya kira masih ingat apa sumpah saya itu, dan sekarang insyallah Tuhan tunjukkan keburukan dia. Memang kerugian total saya tidak terlalu besar (<10jt), tapi sakit hati saya itu lebih dari itu, dimaki-maki dan diancam konsumen akibat perbuatan Zulkhaery.

Sebenarnya saya sudah malas membahas ini, toh dia sudah dapat akibat dari perbuatan dia (walaupun belum terlalu parah) dan saya juga telah mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik. Tapi tak bisa dipungkiri, rasa sakit hati dan dendam ini masih berbekas di hati.

Saya utarakan ini agar dapat disebarkan, agar tidak bertambah pula korban penipuan dia.

Cari duit dengan cara bener aja asik kok, ini malah sukanya bikin runyam kehidupan.

Taubatlah saudaraku Zulkhaery Basrul, hasil kelakukanmu yang bikin orang sakit hati itu dimakan oleh anak istrimu, kasihan liat keluargamu yang diberi nafkah dari hasil “menipu orang”.

Wassalam…
TTD…M. KHOFIFUDDIN”

Yusuf Prayogo mengatakan...

Artikelnya sangat bagus dan bermanfaat Lanjutkan Menulisnya gan ...!

Dewi Aja mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Obat Tradisional Asam Urat yang Ampuh mengatakan...

sukses

Anonim mengatakan...

Model Baju Muslim

Model Baju Blus wanita

Model Baju Muslim Modern

Model Baju Muslim untuk orang gemuk

Model Baju Muslim Gamis

Model Baju Muslim hamil

Model Baju Batik Muslim

Model Baju Muslim Kebaya

Model Baju Muslim koko

Model Baju Muslim pesta

Model Baju Muslim untuk wanita


Ciku Jadug mengatakan...

Amalan Pelaris Mencari Barang Hilang Menarik Pencuri Dll[ BANYAK DI BACA ]
Amalan Surat An-Najm Ayat 58[ BANYAK DI BACA ]
Amalan Untuk Menarik dan Melancarkan Rizqi - [ BANYAK DI BACA ]
Cara Mendapatkan Informasi Ghaib[ BANYAK DI BACA ]
Cara Mengobati Gangguan Jin - [ BANYAK DI BACA ]
Cara Merubah Batu Jadi Emas Intan Dan Permata[ BANYAK DI BACA ]
Do'a Dzikir Rajah Kodam Wassyamsi Waduhaha[ BANYAK DI BACA ]
Doa Dzikir Asma Jabarut [ BANYAK DI BACA ]
ILMU CARA MENUNDUKAN JIN - [ BANYAK DI BACA ]
Ilmu Ampuh Mendatangkan Hajat[ BANYAK DI BACA ]
Ilmu Cara Tawasul Pendek [ BANYAK DI BACA ]
Ilmu Memanggil / Menarik Orang Kembali [PUTER GILING] - [ BANYAK DI BACA ]
Ilmu Merubah Kertas / Daun Jadi Uang[ BANYAK DI BACA ]
Ilmu Merubah Kertas Jadi Uang[ BANYAK DI BACA ]
Khodam Malaikat Dari Do'a Basymakh Isa A.S

bpk muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


Posting Lama Beranda
Powered by. Ryosatura. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Topic

Jika kamu ingin tahu kedudukanmu di sisi Allah maka lihatlah kedudukan Allah di hatimu!

Tasawuf itu ihsan

Saudara-saudaraku yang budiman, jangan tertipu oleh dakwaan sebahagian orang bahwa tasawuf tidak ada di dalam alquran. Tasawuf itu ada di dalam alquran, hanya saja ia tersirat. Sebagaimana tersiratnya dilalah-dilalah hukum di balik nash-nash alquran begitu pula isyarat-isyarat tasawuf banyak tersembunyi di sebalik lafazh-lafazh alquran. Bukan ianya hendak disembunyikan Allah dari semua orang, tetapi agar ada usaha dan upaya untuk melakukan penggalian terhadap sumber-sumber ilahiyah yang dilakukan oleh jiwa-jiwa yang intibah. Di situlah akan muncul ijtihad dan mujahadah yang mengandung nilai-nilai ibadah (wa ma kholaqtul jinna wal insa illa liya'buduni).

Tasawuf itu akhlaq (innama bu'itstu li utammima makarimal akhlaq); berusaha mengganti sifat-sifat madzmumah (takhalli) dengan sifat-sifat mahmudah (tahalli). Kedua proses ini sering disebut dengan mujahadah. Para Rasul, Nabi, dan orang-orang arif sholihin semuanya melalui proses mujahadah. Mujahadah itu terformat secara teori di dalam rukun iman dan terformat secara praktek di dalam rukun Islam. Pengamalan Iman dan Islam secara benar akan menatijahkan Ihsan. Ihsan itu adalah an ta'budallaha ka annaka tarah (musyahadah), fa in lam takun tarah fa innahu yarok (mur'aqobah). Ihsan inilah yang diistilahkan dengan ma'rifat. Ma'rifat itu melihat Allah bukan dengan mata kepala (bashor) tetapi dengan mata hati (bashiroh). Sebagaimana kenikmatan ukhrowi yang terbesar itu adalah melihat Allah, begitu pula kenikmatan duniawi yang terbesar adalah melihat Allah.

Dengan pemahaman tasawuf yang seperti ini, insya Allah kita tidak akan tersalah dalam memberikan penilaian yang objektif terhadap tasawuf. Itulah yang dimaksud oleh perkataan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah; "Dan kami tidak mengingkari tarekat sufiyah serta pensucian batin daripada kotoran-kotoran maksiat yang bergelantungan di dalam qolbu dan jawarih selama istiqomah di atas qonun syariat dan manhaj yang lurus lagi murni." (Al Hadiah As-Saniyah Risalah Syaikh Abdullah bin Muhammad bin Abd. Wahhab hal.50 dalam kitab Mauqif A'immah Harakah Salafiyah Cet. Dar Salam Kairo hal. 20).

Adapun praktek-praktek yang menyimpang dari syariat seperti perdukunan, zindiq, pluralisme, ittihad dan hulul yang dituduhkan sebahagian orang; itu adalah natijah daripada tasawuf, maka itu tidak benar, sangat jauh dari apa yang diajarkan oleh tokoh-tokoh sufi; Imam Junaid Al-Baghdadi, Imam Ghazali, Imam Ibnu Arabi, Imam Abd. Qadir Al-Jailani, Imam Abu Hasan Asy-Syadzili, Imam Ibnu Atho'illah As Sakandari, Imam Sya'roni, Imam Suyuthi, Syaikh Abdul Qadir Isa dan imam-imam tasawuf lainnya qaddasallahu sirrahum.

Tasawuf juga adalah suatu ilmu yang membahas jasmani syariat dari sisi lain. Sisi lain yang dimaksud adalah sisi ruhani. Kalau fiqih membahas syariat dari sisi zhohir, maka tasawuf dari sisi batin. Sholat misalkan, ilmu tentang rukun, syarat dan hal-hal yang membatalkan sholat itu dibahas dalam ilmu fiqih. Adapun ilmu tentang khusyu' hanya dibahas dalam ilmu tasawuf. Wallahu a'lam.

Mengenai Saya

Foto saya
Al-faqir dilahirkan di sebuah kota kecil Pangkalan Berandan Kab. Langkat Sumatera Utara. Di kota kecil ini minyak bumi pertama sekali ditemukan di Indonesia (tepatnya di desa Telaga Said). Saat ini al-faqir sedang menempuh pendidikan di Universitas Al Azhar Kairo Fakultas Syariah wal Qanun. Blog ini merupakan sebagai sarana saja bagi saya untuk sharing bersama teman-teman, silaturahmi dan menambah wawasan. Hehe jangan tertipu dengan nama blog "Sufi Medan" karena ini hanya nama blog saja, adapun si empunya sendiri bukanlah seorang sufi, hanyasaja mencintai orang2 sufi. Sufi adalah gelar yang hanya diberikan untuk orang-orang yang mengamalkan ajaran-ajaran Tasawuf dengan benar. Tentunya di sana sini masih banyak kekurangan, al-faqir sangat mengharapkan perbaikan dari Teman-teman semuanya. Saran dan masukan sangat saya nantikan. Dan bagi siapapun yang ingin menyebarkan artikel2 dalam blog ini saya izinkan dan saya sangat berterima kasih sudah turut andil dalam mengajak saudara-saudara kita kepada kebaikan dan yang ma'ruf. Terima kasih sudah berkunjung di blog orang miskin. Moga Allah senantiasa memberkahi dan melindungi Teman-teman semuanya. Billahi taufiq, wassalamu'alaikum.

Followers


Recent Comments