Makam Para Nabi Tinggi-Tinggi Semua

Sungguh na'if kaum Wahabi, menyuruh orang untuk meratakan kuburan dengan tanah hanya dengan berlandaskan zhahir riwayat:

قاَلَ ليْ علِيُّ بْنُ أَبِيْ طاَلِبٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: أَلاَ أَبْعَثُكَ عَلَى ماَ بَعَثَنِي عَلَيْهِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؟ أَنْ لاَتَدَعَ تِمْثاَلاً إِلاَّ طَمَسْتَهُ وَلاَ قَبْرًا
مُشْرِفاً إِلاَّ سَوَّيْتَهُ

Artinya:
Dari Abu Hayyaj berkata; Ali bin Abu Thalib berkata kepadaku: ‘Maukah engkau aku utus kepada sesuatu yang Rasulullah telah mengutusku dengannya? (yaitu) jangan kamu membiarkan patung kecuali kamu hancurkan dan kuburan yang meninggi melainkan kamu ratakan.” (Riwayat Muslim)

Juragan berkata: Perintah Sayyidina Ali ini adalah karena Abu Hayyaj akan diutus untuk menyebarkan Islam ke sebuah negeri yangmana penduduknya memang menjadikan patung dan kuburan sebagai sesembahan.

Adapun umat Islam, maka tak pernah sekalipun ada sejarahnya umat Islam menyembah kubur. Umat Islam membina kubur hanya untuk memuliakan ahlul qubur (terlebih kubur orang yang sholeh), menjaga kubur daripada hilang terhapus zaman, dan memudahkan para peziarah untuk berziarah, dalam menemukan  kubur di tengah-tengah ribuan kubur lainnya, juga sebagai tempat berteduh para peziarah agar  dapat mengenang dan menghayati dengan tenang orang yang ada di dalam kubur beserta amal serta segala jasa dan kebaikannya. 

Makam Nabi Adam


Makam Nabi Yusuf as


Makam Nabi Harun as


Makam Nabi Ayyub as


Makam Shohabi Bilal Bin Rabbah ra


Makam Imam Abu Hasan Asy-Syadzili ra
Makam Imam al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqallani ra
 


Makam Nabi Yahya as

Dan yang terbesar adalah kubah makam Nabi kita Sayyidina Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam.

Makam Sayyidina Nabi Muhammad Saw



Makam Nabi Muhammad Saw dari dalam Mesjid Nabawi


Makam Nabi Muhammad Saw dari dalam

Apakah semua kaum muslimin di seluruh dunia yang pernah ziarah ke makam-makam di atas dan membiarkan makam-makam tersebut kokoh berdiri akan dihukumi syirik dan kafir karena mereka menyembah makam-makam di atas?
Mungkin untuk seperti kaum yang satu ini, jawabannya adalah iya.

Makam Nabi Daud as di Israel

Maka sangat pantas sekali Sayyidina Ali menyuruh Abu Hayyaj untuk meratakan kubur-kubur sesembahan mereka dengan tanah. Tapi adapun untuk Umat Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, maka jawabannya adalah: tidak.


Share

posted under |

26 comments:

Anonim mengatakan...

Mohon izin untuk saya bagikan di facebook

Muhammad Haris F. Lubis mengatakan...

silahkan :)

Yon Midori Bkc mengatakan...

Tampilkan dong keterangan makam Nabi-Nabi dan Alamat lengkapnya disana....
Terima kasih
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Sufi Medan mengatakan...

usul yang baik. Insya Allah ya Mas, nanti akan coba saya telusuri alamatnya, tapi mungkin tidak bisa detail, sebab tidak semua makam di atas saya tahu tempatnya. Wa alaikum salam wr wb

Mursyid mengatakan...

as slam alaikum,,
syukran saudaraku yang mulia,,semoga Allah melindungi kita dan semoga selalu dalam jalan yang benar (ASWAJA),,

ada sedikit yang ingin ana sampaikan,,tentang foto2 maqam para Nabi,,tampaknya foto Maqam Nabi yang nampak dari dalam,,itu bukan fotonya Nabi Muhammad SAW,,karena disamping maqam Nabi ada 2 maqam sahabat Abu BAkar dan Umar,,,tetapi maqam tersebut adalah maqam Syeikh Jalaluddin Ar Rumy di Turky,,,saya juga pernah salah sangka dalam hal ini,,,
teruslah berjuang
was salam,,,

Anonim mengatakan...

jiahh.. br nemu yang dicari2... saya jg mohon ijin mw saya bagi ke temen2 yang lg pada ragu...

Terima kasih
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Simfoni's crew mengatakan...

Umur 25 Nabi -'Alaihimus Salam- Dan Letak Makam Mereka

1 _ اسمه : آدم
عمره : عاش 1000 سنة
مكان دفنه : دفن في الهند. وقيل في مكة. وقيل في بيت المقدس.
1. Nabi Adam ‘Alaihis Salam
Umur : 1000 tahun
Makam : India, menurut satu pendapat ada di Makkah, dan menurut pendapat lain ada di Baitul Maqdis
2_ اسمه :إدريس
عمره :عاش على الأرض 865 سنة
2. Nabi Idris ‘Alaihis Salam
Umur : 865 tahun
Makam : (tidak ada informasi)
3_اسمه : نوح
عمره : لبث في قومه 950 سنة
مكان دفنه : قيل دفن في مسجد الكوفة. وقيل في الجبل الأحمر وقيل في المسجد الحرام
3. Nabi Nuh ‘Alaihis Salam
Umur : 950 tahun
Makam : Masjid Kufah, , menurut satu pendapat ada di al-Jabal al-Ahmar (Gunung Merah), dan menurut pendapat lain ada di dalam al-Masjid al-Haram Makkah.
4_اسمه : هود
عمره : عاش 464 سنة
مكان دفنه :دفن شرقي حضرموت
4. Nabi Hud ‘Alaihis Salam
Umur : 464 tahun
Makam : di Timurnya Hadharamaut, Yaman.
5_ اسمه : صالح
عمره : لم تذكر الكتب المدة التي عاشها
مكان دفنه : ثمة من يزعم أن قبره في حضرموت
5. Nabi Shalih ‘Alaihis Salam
Umur : Tidak ada kitab yang menjelaskan masa hidupnya.
Makam : di Hadharamaut
6_ اسمه : لوط
عمره : لم تذكر الكتب المدة التي عاشها
مكان دفنه : يذكر أن له قبرا في قرية صوعر
6. Nabi Luth ‘Alaihis Salam
Umur : Tidak ada kitab yang menjelaskan masa hidupnya.
Makam : Shou’ar
7_ اسمه :إبراهيم الخليل
عمره :عاش 200
مولده : ولد بعد الطوفان الذي في عهد نوح بـ 1263 سنة
مكان دفنه : دفن في الخليل وفيها قبر زوجته الأولى
سارة .
7. Nabi Ibrahim ‘Alaihis Salam
Umur : 200 tahun
Kelahiran : Lahir pada 1273 tahun setelah peristiwa banjir dan topan pada masa Nabi Nuh ‘Alaihis Salam.
Makam : di kota al-Khalil (Palestina), dimakamkan bersama Sarah (isteri pertamanya).
8_ اسمه : إسماعيل
عمره : عاش 137 سنة
مكان دفنه : دفن بجوار والدته هاجر في مكة .
8. Isma’il ‘Alaihis Salam
Umur : 137 tahun
Makam : dimakamkan di samping Ibunda (yakni Hajar) di Makkah (di sekitar Ka’bah dekat Maqam Ibrahim)
9_ اسمه : إسحاق
عمره : عاش 180سنه
مكان دفنه : دفن مع أبيه إبراهيم في الخليل
9. Nabi Ishaq ‘Alaihis Salam
Umur : 180 tahun
Makam : dimakamkan bersama Ayahanda (yakni Nabi Ibrahim ‘Alaihis Salam) di kota al-Khalil (Palestina).

Simfoni's crew mengatakan...

10_ اسمه : يعقوب
عمره :عاش 147سنه توفي في مصر
مكان دفنه : وتنفيذا لوصيته نقله ابنه يوسف إلى الخليل
10. Nabi Ya’qub ‘Alaihis Salam
Umur : 137 tahun
Wafat : di Mesir
Makam : untuk memenuhi wasiatnya, oleh sang putra (Nabi Yusuf ‘Alaihis Salam), jenazahnya dipindah dimakamkan ke kota al-Khalil (Palestina)
11_اسمه : يوسف
عمره :عاش 110 سنوات. مات في مصر
مكان دفنه : نقله إخوته تنفيذا لوصيته ودفن في نابلس
11. Nabi Yusuf ‘Alaihis Salam
Umur : 110 tahun
Wafat : di Mesir
Makam : oleh saudara-saudaranya (untuk memenuhi wasiatnya) jenazahnya kemudian dipindah dimakamkan di Nablus (Palestina)
12_ اسمه : شعيب
عمره : لم تذكر الكتب المدة التي عاشها
مكان دفنه : ضريحه في حطين القريبة من طبرية
12. Nabi Syu’ab ‘Alaihis Salam
Umur : Tidak ada kitab yang menjelaskan masa hidupnya.
Makam : di desa Hathin dekat kota Thabariyah (Syria)
13_اسمه : أيوب
عمره : عاش 93 سنة
مكان دفنه : دفن بجوار زوجته بقريه الشيخ سعد القريبة من دمشق .
13. Nabi Ayyub ‘Alaihis Salam
Umur : 93 tahun
Makam : di desa Syaikh Sa’d (dekat kota Damasykus) Syria.
14_ اسمه : ذو الكفل
عمره : لم تذكر الكتب المدة التي عاشها
مولده : ولد في مصر
مكان دفنه : توفي في سيناء أيام التيه قيل دفن بجوار والده في أرض الشام .
14. Nabi Dzul Kifli ‘Alaihis Salam
Umur : (tidak ada informasi)
Lahir : di Mesir
Makam : wafat di daerah gunung Thursina, menurut salah satu pendapat di samping Ayahanda di salah satu kota di Syam.
15_ اسمه : يونس
عمره : لم تذكر الكتب المدة التي عاشها
مكان دفنه : لم يرد أي خبر عن قبره
15. Nabi Yunus ‘Alaihis Salam
Umur : Tidak ada kitab yang menjelaskan masa hidupnya.
Makam : tidak ada informasi sama sekali tentang letak makamnya.
16_ اسمه : موسى
عمره : عاش 120 سنة
مكان دفنه : توفي في سيناء ودفن هناك
16. Nabi Musa ‘Alaihis Salam
Umur : 120 tahun
Makam : wafat di daerah gunung Thursina dan di makamkan di sana.

Simfoni's crew mengatakan...

17_ اسمه : هارون
عمره : عاش 122 سنة
مكان دفنه : توفي في سيناء ودفن هناك
17. Nabi Harun ‘Alaihis Salam
Umur : 122 tahun
Makam : wafat di daerah gunung Thursina dan di makamkan di sana.
18_اسمه : الياس
عمره : لم تذكر الكتب المدة التي عاشها
مولده : ذكر أنه ولد بعد دخول بني اسرائيل فلسطين
مكان دفنه : قيل قبره في بعلبك
18. Nabi Ilyas ‘Alaihis Salam
Umur : Tidak ada kitab yang menjelaskan masa hidupnya.
Lahir : dilahirkan setelah masuknya Bani Isra’il ke Palestina.
Makam : menurut satu pendapat ada di Ba’labak (Lebanon). (Tapi menurut satu pendapat, beliau belum wafat sampai sekarang –penerjemah)
19_ اسمه :إليسع
عمره : لم تذكر الكتب المدة التي عاشها ولا المكان الذي اتجه اليه بعد عصيان قومه في بانياس
19. Nabi Ilyasa’ ‘Alaihis Salam
Umur : Tidak ada kitab yang menjelaskan tempat tinggalnya dan daerah yang dituju setelah kaumnya ingkar di kota Banyas.
20_اسمه : داود
عمره : عاش 100 سنة
ملكه : ذكر ان ملكه دام 40 سنة.
20. Nabi Dawud ‘Alaihis Salam
Umur : 100 tahun
Kerajaan : bertahan sampai 40 tahun
21_اسمه : سليمان
عمره :عاش 52 سنة
ملكه: ورث ملك أبيه وعمره 12 سنة ودام ملكه 40 سنة
21. Nabi Sulaiman ‘Alaihis Salam
Kerajaan : beliau mewarisi kerajaan Ayahanda (yakni Nabi Dawud ‘Alaihis Salam) ketika umur 12 tahun, kerajaannya bertahan sampai 40 tahun.

22_ اسمه : زكريا
عمره : عاش 150 سنة
وفاته : نشر بالمنشار على يد من ذبحوا ابنه يحيى.
22. Nabi Zakariya ‘Alaihis Salam
Wafat : beliau dibunuh dengan cara digergaji oleh orang yang telah menyembelih sang putra (Nabi Yahya ‘Alaihis Salam)
23_اسمه : يحيى
عمره : لم تذكر الكتب المدة التي عاشها
مولده : ولد في السنة التي ولد فيها المسيح
وفاته : ذبح وهو في المحراب تنفيذا لرغبة امراة فاجرة من قبل ملك ظالم
مكان دفنه : ذكر أن رأسه مدفون في الجامع الاموي
23. Nabi Yahya ‘Alaihis Salam
Umur : Tidak ada kitab yang menjelaskan masa hidupnya.
Lahir : pada tahun yang sama dengan tahun kelahiran Nabi ’Isa al-Masih ‘Alaihis Salam.
Wafat : ketika beliau sedang di Mihrab, disembelih oleh sesorang yang disuruh oleh seorang wanita jahat dari pihak raja yang zhalim.
Makam : kepalanya dimakamkan di Masjid al-Jami’ al-Amawi (Damasykus-Syria)
24_ اسمه : المسيح عيسى بن مريم
عمره : عاش على الأرض 33 سنة
رفعه الله بعد بعثته بثلاث سنوات. ذكر أن والدته مريم عاشت بعده 6 سنوات توفيت ولها من العمر 53 سنة.
24. Nabi ’Isa al-Masih ‘Alaihis Salam
Umur : 33 tahun di bumi, kemudian Allah mengangkatnya ke langit setelah tiga tahun diangkat menjadi Nabi. Dituturkan, bahwa Ibunda (yakni Maryam) hidup 6 tahun setelah ’Isa al-Masih ‘Alaihis Salam diangkat ke langit. Maryam wafat dalam umur 53 tahun.

25_ اسمه : محمد صلى الله عليه وسلم
مولده : ولد في مكة سنه 570
وفاته : توفي وهو في الثالثة والستين من عمره
مكان دفنه : دفن في بيت عائشة المسجد النبوي
25. Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam
Lahir : di Makkah tahun 570 M.
Wafat : umur 63 tahun
Makam : di rumah ’Aisyah di Masjid Nabawi Madinah dan dimakamkan di sana.

Wallahu A’lam.

Sumber : http://www.almashhed.com/showthread.php?t=52571

Sufi Medan mengatakan...

@Mas Simfoni: Masya Allah, terima kasih sudah menambahkan.

Simfoni's crew mengatakan...

Oke... salam kenal.. hehe

THESALTASIN@gmail.com mengatakan...

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

أَعُوْذُ بِاللِه مِنَ الشََّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Kang.

Sepertinya ada beberapa artikel yang dapat saya manfaatkan.

terimaasih.

لا تجتمع هذه الأمة على ضلا

“Umat ini tidak akan bersepakat diatas kesalahan.”

(HR. Asy-Syafi’I dalam Ar-Risalah)

Wassalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

http://thesaltasin.wordpress.com/category/al-quran-teks-dan-terjemahan/

sufi medan mengatakan...

Wa alaikumussalam wr wb. Monggo Mas :)

M. Haris Blogger Yahya mengatakan...

maksih yah infonya.. boleh d share k twiiter atau facebook ?

sher kler mengatakan...

Kan di atas qubah makam Rasulullah ada mayat org wahabi yg tersambar petir saat hendak menghancurkan qubah makam Rasulullah S.A.W. Bagi anda2 yg hendak berangkat kesana coba d perhatikan ada kotak coran semen yg menutupi mayat tsb krn tidak bisa d angkat dr qubah tsb. Katanya bid'ah mau ngancurin eh malah d samber petir sampai2 nempel akhirnya d cor semen sekalian, malangnya itu manusia!

Jaysun Mubarrok mengatakan...

jgn terlalu mengagungkan kuburan

http://kumpulankonsultasi.blogspot.com

Anonim mengatakan...

Semua kuburan Nabi kecuali Rasulullah masih dalam perdebatan letaknya, sementara Rasulullah dikuburkan di rumah Aisyah radhiyallahuanha, bukan di masjid Nabawi, semntara yang dikasih kubah itu adalah masjidnya bukan makamnya. Rasulullah menganjurkan ziaroh kubur itu utk mengingat kematian sbg bentuk muhasabah kita yang masih hidup. Sementara utk mendoakan orang mati, bisa di mana saja, asal tempatnya tidak najis. Wallohualam

Anonim mengatakan...

ASAL MULA PENYEMBAHAN BERHALA KAUM NABI NUH ALAIHISSALAM

Allah Ta'ala :

وَقَالُوا لا تَذَرُنَّ آلِهَتَكُمْ وَلا تَذَرُنَّ وَدًّا وَلا سُوَاعًا وَلا يَغُوثَ وَيَعُوقَ وَنَسْرًا

"Dan mereka berkata: "Jangan sekali-kali kamu meninggalkan (penyembahan) tuhan-tuhan kamu dan jangan pula sekali-kali kamu meninggalkan (penyembahan) wadd, dan jangan pula suwaa', yaghuts, ya'uq dan nasr". [QS Nuh : 23].

Ibnu Abbas menafsirkan ayat ini bahwa yang dimaksud oleh ayat ini adalah nama-nama orang shalih dari kaum Nabi Nuh 'Alaihissalam. Demikianlah yang diriwayatkan Imam Bukhari dari jalan Ibnu Juraij, dari Atha'. [HR Bukhari no. 4566, Kitab Tafsir, Bab Tafsir Surat Nuh : 23]

Ketika orang-orang shalih itu telah wafat, syetan mengilhamkan kepada kaum mereka untuk membuatkan berhala-berhala mereka di majelis tempat mereka biasa beribadah dan menamakannya dengan nama-nama mereka. Maka kaum pun melakukannya, tetapi berhala-berhala itu belum disembah melainkan setelah mereka semua wafat dan ilmu pun telah hilang, terjadilah penyembahan berhala-berhala oleh kaum tersebut. Ibnu Abbas berkata, berhala-berhala yang ada pada kaum Nabi Nuh ini juga ada pada berhala bangsa Arab jahiliyyah. Demikianlah yang dikatakan Ikrimah, Adh-Dhahhak, Qatadah dan Ibnu Ishaq.

Imam Ibnu Abu Hatim meriwayatkan dari Urwah bin Az-Zubair bahwa ia berkata, "Wadd, Yaghuts, Ya'uq, Suwa' dan Nasr adalah keturunan Nabi Adam. Wadd adalah orang yang paling tua dan yang paling ta'at kepada Allah Ta'ala. [HR Ibnu Abu Hatim (At-Tafsir no. 18996)].

Anonim mengatakan...

memuliakan orang mati itu dgn mengamalkan kebaikan apa yang pernah diajarkannya kepada kita yg masih hidup, karena itu merupakan ladang amal yg terus mengalir baginya di alam barzakh, bukannya disembah kuburannya, diusap2, dicium2, sampai ada yg menyembelih hewan utk mayit dlm kuburan itu dgn tujuan TAWASUL. WALLAHUL MUSTA'AN. Maha Suci Allah dari tuduhan bahwa Allah membutuhkan perantara mayit dalam kubur utk menyampaikan doa hambanya

Fekinsta mengatakan...

tapi setidaknya kalaw semua kuburan di dunia ini dibuat seperti para nabi ,, gmana yaaa ,,heeeee

cikosan mengatakan...

Orang yang belajar tasawuf/kesufian dipagi hari, siangnya pasti udah jadi orang gila alias senewen...masa' artikel orang senewen dipercaya..biar aja dia dungu sendiri

cikosan mengatakan...

Kalau nggak percaya,tanya aja tentang perkara ibadah ke pengikut tasawuf, pasti mrk cuma ngekor dungu ke guru nya, disuruh nungging mngkn mrk mau...tanya aja tentang agama ke mereka, mrk banyak nggak taunya...paling "kata guru saya"....wkwkwk, klu murid gitu dungu,apalagi gurunya..

cikosan mengatakan...

Kaum tasawuf adalah kaum pemuja kuburan...mngkn klu ada air yg tergenang dikuburan tsb, beliau paling suka meminum dan mengusapkan kewajahnya..mrk mngkn nggak perduli klu itu "air apa" ya. jangan2.................., nggak usah dibayangin bnyk2..jorok !!

cikosan mengatakan...

Semoga kaum tasawuf tidak sampai meniru syiah yang menganggap memakan taik gurunya dan meminum kencing gurunya bisa memudahkan mrk ke sorga...nauzubillah

cikosan mengatakan...

Tapi sayangnya, kata ahli sejarah, kaum tasawuf itu asalnya dari sebahagian ajaran syiah...nauzubillahi minzalik..semoga kalian berhenti menodai Islam...

Anonim mengatakan...

Memuja kuburan itu dosa namun mencari tanda kebesaran Allah itu sangatlah baik agar bertambah iman kita kepada Allah. Dengan membaca al-qur'an dan mencari bukti kebesaran Nya yang terdapat bekas-bekas kaum terdahulu dan mencari bukti-bukti tempat tinggal dan tempat wafatnya para nabi. Pergi ke kuburan hanyalah sekedar mengingat masa lalu dan setelah itu mengangungkan nama Allah atas semua berita yang benar terdapat dalam al-qur'an. Sesungguhnya isi kuburan itu belum tentu ada isinya karena para nabi adalah rasul Allah yang sangat dekat kepada Allah dan hanya Allah yang tau tempatnya di sisi Nya. Namun agar jangan musyrik maka kita harus percaya bahwa para nabi adalah dari kaum manusia yang semua manusia juga mati kembali kepada Allah maka harus ada bukti yaitu sebuah makam kuburan..

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Powered by. Ryosatura. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Topic

Jika kamu ingin tahu kedudukanmu di sisi Allah maka lihatlah kedudukan Allah di hatimu!

Tasawuf itu ihsan

Saudara-saudaraku yang budiman, jangan tertipu oleh dakwaan sebahagian orang bahwa tasawuf tidak ada di dalam alquran. Tasawuf itu ada di dalam alquran, hanya saja ia tersirat. Sebagaimana tersiratnya dilalah-dilalah hukum di balik nash-nash alquran begitu pula isyarat-isyarat tasawuf banyak tersembunyi di sebalik lafazh-lafazh alquran. Bukan ianya hendak disembunyikan Allah dari semua orang, tetapi agar ada usaha dan upaya untuk melakukan penggalian terhadap sumber-sumber ilahiyah yang dilakukan oleh jiwa-jiwa yang intibah. Di situlah akan muncul ijtihad dan mujahadah yang mengandung nilai-nilai ibadah (wa ma kholaqtul jinna wal insa illa liya'buduni).

Tasawuf itu akhlaq (innama bu'itstu li utammima makarimal akhlaq); berusaha mengganti sifat-sifat madzmumah (takhalli) dengan sifat-sifat mahmudah (tahalli). Kedua proses ini sering disebut dengan mujahadah. Para Rasul, Nabi, dan orang-orang arif sholihin semuanya melalui proses mujahadah. Mujahadah itu terformat secara teori di dalam rukun iman dan terformat secara praktek di dalam rukun Islam. Pengamalan Iman dan Islam secara benar akan menatijahkan Ihsan. Ihsan itu adalah an ta'budallaha ka annaka tarah (musyahadah), fa in lam takun tarah fa innahu yarok (mur'aqobah). Ihsan inilah yang diistilahkan dengan ma'rifat. Ma'rifat itu melihat Allah bukan dengan mata kepala (bashor) tetapi dengan mata hati (bashiroh). Sebagaimana kenikmatan ukhrowi yang terbesar itu adalah melihat Allah, begitu pula kenikmatan duniawi yang terbesar adalah melihat Allah.

Dengan pemahaman tasawuf yang seperti ini, insya Allah kita tidak akan tersalah dalam memberikan penilaian yang objektif terhadap tasawuf. Itulah yang dimaksud oleh perkataan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah; "Dan kami tidak mengingkari tarekat sufiyah serta pensucian batin daripada kotoran-kotoran maksiat yang bergelantungan di dalam qolbu dan jawarih selama istiqomah di atas qonun syariat dan manhaj yang lurus lagi murni." (Al Hadiah As-Saniyah Risalah Syaikh Abdullah bin Muhammad bin Abd. Wahhab hal.50 dalam kitab Mauqif A'immah Harakah Salafiyah Cet. Dar Salam Kairo hal. 20).

Adapun praktek-praktek yang menyimpang dari syariat seperti perdukunan, zindiq, pluralisme, ittihad dan hulul yang dituduhkan sebahagian orang; itu adalah natijah daripada tasawuf, maka itu tidak benar, sangat jauh dari apa yang diajarkan oleh tokoh-tokoh sufi; Imam Junaid Al-Baghdadi, Imam Ghazali, Imam Ibnu Arabi, Imam Abd. Qadir Al-Jailani, Imam Abu Hasan Asy-Syadzili, Imam Ibnu Atho'illah As Sakandari, Imam Sya'roni, Imam Suyuthi, Syaikh Abdul Qadir Isa dan imam-imam tasawuf lainnya qaddasallahu sirrahum.

Tasawuf juga adalah suatu ilmu yang membahas jasmani syariat dari sisi lain. Sisi lain yang dimaksud adalah sisi ruhani. Kalau fiqih membahas syariat dari sisi zhohir, maka tasawuf dari sisi batin. Sholat misalkan, ilmu tentang rukun, syarat dan hal-hal yang membatalkan sholat itu dibahas dalam ilmu fiqih. Adapun ilmu tentang khusyu' hanya dibahas dalam ilmu tasawuf. Wallahu a'lam.

Mengenai Saya

Foto saya
Al-faqir dilahirkan di sebuah kota kecil Pangkalan Berandan Kab. Langkat Sumatera Utara. Di kota kecil ini minyak bumi pertama sekali ditemukan di Indonesia (tepatnya di desa Telaga Said). Saat ini al-faqir sedang menempuh pendidikan di Universitas Al Azhar Kairo Fakultas Syariah wal Qanun. Blog ini merupakan sebagai sarana saja bagi saya untuk sharing bersama teman-teman, silaturahmi dan menambah wawasan. Hehe jangan tertipu dengan nama blog "Sufi Medan" karena ini hanya nama blog saja, adapun si empunya sendiri bukanlah seorang sufi, hanyasaja mencintai orang2 sufi. Sufi adalah gelar yang hanya diberikan untuk orang-orang yang mengamalkan ajaran-ajaran Tasawuf dengan benar. Tentunya di sana sini masih banyak kekurangan, al-faqir sangat mengharapkan perbaikan dari Teman-teman semuanya. Saran dan masukan sangat saya nantikan. Dan bagi siapapun yang ingin menyebarkan artikel2 dalam blog ini saya izinkan dan saya sangat berterima kasih sudah turut andil dalam mengajak saudara-saudara kita kepada kebaikan dan yang ma'ruf. Terima kasih sudah berkunjung di blog orang miskin. Moga Allah senantiasa memberkahi dan melindungi Teman-teman semuanya. Billahi taufiq, wassalamu'alaikum.

Followers


Recent Comments